Minggu, 22 Januari 2012

Mencari kesegaran di wilayah “HANOMAN”


Mencari kesegaran di wilayah “HANOMAN”
Hari rabu tanggal 28 desember 2011 saya J Felix A.K.A didi bersama adik dan 2 orang teman melakukan perjalanan gila2an untuk jauh jauh berenang di air terjun. curug Selangit dan Siklotok adalah nama  air terjun di kawasan desun jekerto, desa kaligono, kecamatan kaligesing, kabupaten purworedjo. Jawa tengah.


air terjun siklotok


ini air tenjun selangit


Apa yang menarik dari air terjun ini ?
Yang menarik dari air terjun ini karena memiliki 3 tingkatan air terjun yang dimana tingkat paling dasar adalah curug siklotok, yang tengah ga tau namanya no name, dan yang paling atas karena membutuhkan perjuangan yang harder banget  bernama curug selangit. Di setiap curug memiliki kolam atau kedung yang kedalamannya bervariasi (yang terdalam 5 M dan yang terdangkal 1,5 M), air terjun ini tergolong masih semi alami karena berada pada hutan sekunder di perbukitan menoreh.
Bagaimana cara mencapai air terjun selangit dan siklotok?
Ada 2 rute yang dapat di ujicoba tempuh yaitu jalur purworejo-kaligesing 60 KM (jalur aman) dan jalur jogja-godean - gua kiskenda – kaligesing 40 KM (jalur eksterem). Saya sendiri menempuh jalur tidak aman ini karena perhitungan waktu lebih cepat.
RUTE. 1
Berangkat dari kost yang berada di maguwoharjo kamipun menjemput teman ku yang berada di pakualaman. (skalian makan siang dan ngaso2). Dari pakualam kami pun tancap gas ke arah godean. Lurus terus sampai perempatan bangjo kenteng untuk mbeli bensin,dan batu batre (lupa bawa).
RUTE. 2
Ngebut sampai pasar kenteng dengan kecapatan penuh menerobos lembah dan ganasnya tanjakan perbukitan menorah (nyaris mati mesin). Menuju gua kiskenda, melewati hutan rakyat dan jalanan kampung (sialan). Jalannya gampang banyak papan petunjuk jalan dan pemandangannya asololey coy.
Rute. 3
Dari gua kiskenda kami pun berbelok ke kanan sesuai petunjuk arah yang menunjuk arah purworejo. Melewati hutan pinus. Trabas jalan yang mulus seperti kulit paha wanita. Sampai di pertigaan (ntah pertigaan apa ini !!) kamipun berbelok ke kiri. Jalanan yang didominasi oleh turunan curam berbelok2 ini sangat membuat pegal tangan dan kaki kanan saya karena sering ngerem….(tapi pemandangannya indah coy….!!!)
RUTE.4
Setelah menempuh kurang lebih 5 KM kamipun berbelok tajam ke kiri atas petunjuk (anda telah sampai di curug siklotok). Sungguh perjalanan yang tidak manusiawi *&%$!!!? . di sepanjang jalan turunan kami banyak melihat pohon durian dengan buahnya yang menggoda untuk di makan. 



tanda arah dan peraturan yang ada di curug siklotok

Curug siklotok dan selangit

Di curug ini kami pun memarkir motor kami di sebuah penitipan motor dengan tarikan restribusi sebesar Rp.2.500,- per orang dan biaya parkir Rp.1.000,- . bah ternyata dari penitipan motor kita harus berjalan sekitar 700 m untuk ke curug siklotok dan menambah 150 m menuju ke curug silangit. Benar2 perjalanan nan lelah dan Harder. Untung kami anak BOLANG (bocah ilang.red).
Perjalanan yang melelahkan ini terbayar sudah setelah kita sampai di curug selangit dan curug siklotok.( woyo2 beautifull mamen…) ga rugi dah kalau ke sini. Tetapi jalannya S.A.N.G.A.R… jika anda BOLANG seperti kami, silahkan mencoba tetapi kalau anda tidak mau repot2 silahkan menggunakan jalur jogja-purworedjo- kaligesing.

berikut dokumentasi di curug siklotok dan silangit








Tidak ada komentar:

Posting Komentar